Microsoft PowerPoint

 

PowerPoint adalah salah satu program presentasi yang digunakan untuk menampilkan informasi dalam bentuk slideshow. Sementara itu, dalam Modul Teknologi Informasi dan Komunikasi, dijelaskan bahwa Program PowerPoint adalah sebuah perangkat lunak (software) aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat bahan serta membuat tampilan di layar silih berganti dan atraktif, seperti proyektor.

 

Software ini merupakan keluaran dari Microsoft Corporation bersama dengan paket Office lainnya. Power Point dikerjakan dalam halaman slide, tidak seperti Word berupa halaman dan Excel berupa spreadsheet. Tampilan slide dari PowerPoint ini tersedia dengan berbagai desain template di dalamnya yang berguna untuk menampilkan data atau dokumen. Berikut beberapa kelebihan power point:

 

  1. Memudahkan Pengguna Dalam Membuat Slide Presentasi

Salah satu kelebihan yang paling berdampak oleh para pengguna yaitu dengan adanya PowerPoint, pengguna menjadi lebih mudah dalam membuat slide presentasi. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa menyiapkan presentasi yang sederhana, menarik dan bahkan profesional dalam jangka waktu yang tidak lama.

 

  1. Memiliki Berbagai Macam Tools

Hal lain yang didapatkan dari menggunakan PowerPoint yaitu adanya berbagai macam tools yang dapat membuat slide presentasi menjadi lebih menarik. Keberadaan fitur fitur yang terdapat pada PowerPoint dapat membantu kita dalam menyisipkan fitur suara, video yang sudah di-import, foto dan lain sebagainya.

 

  1. Memiliki Fitur Kolaborasi

Rutinitas yang begitu padat kerap kali membuat seseorang menjadi kesulitan dalam menyelesaikan sesuatu dengan waktu dan kondisi yang tepat. Oleh karena itu, tidak jarang seseorang akan melanjutkan pekerjaannya dengan menggunakan media (komputer/ laptop) yang berbeda. Fitur kolaborasi yang terdapat pada Power Point bisa kita gunakan untuk mengedit materi presentasi secara bersamaan dari komputer yang berbeda. Dengan begitu pekerjaan kita akan jauh lebih cepat dan mudah.

 

  1. Template PowerPoint Bervariasi

Hal lain yang kita dapatkan dari menggunakan PowerPoint yaitu kita bisa memilih desain template yang kita inginkan. Dalam hal ini template PowerPoint berguna untuk membuat tampilan presentasi menjadi lebih menarik dengan background yang tentu saja bervariasi. Fitur ini adalah salah satu dari 10 fitur PowerPoint yang dapat membuat PPT menarik.

 

  1. Dapat Diimpor ke Dalam Bentuk PDF

Selain itu, power point memiliki satu fitur yang bisa digunakan untuk meng-export file ke dalam bentuk PDF. Fitur ini dapat memudahkan kita jika ingin memprint file materi presentasi.

 

Kekurangan Microsoft PowerPoint Yaitu:

 

  1. Termasuk Software Berat

Untuk dapat menggunakan program microsoft office ini, perangkat komputer anda harus mempunyai standart spesifikasi yang baik. Untuk perangkat komputer lama dengan ukuran spesifikasi yang rendah mungkin akan lebih sulit untuk mengoperasikan program microsoft powerpoint ini dan bisa saja mengalami kerusakan system atau hang.

 

  1. Tidak Dapat Diakses Oleh Platform Lain Selain Microsoft

Program microsoft powerpoint hanya bisa dipakai terhadap platform sistem operasi windows saja dan pihak microsoft tidak meluncurkan atau menyediakan versi program powerpoint untuk digunakan di platform yang lain seperti os linux ataupun MacOS.

 

Tentu hal ini akan menjadikan hasil pekerjaan yang telah dibuat tidak dapat diakses atau dikerjakan kembali melalui platform sistem operasi lainnya selain windows. Sedangkan cukup banyak badan usaha atau perusahaan yang tidak terpasang platform sistem operasi microsoft yakni os windows yang disebabkan karena mahalnya harga lisensi original untuk satu paket software office.

 

  1. Akses Terbatas Jika Menggunakan Fitur Standard

Akses yang terbatas jika menggunakan fitur standard. Akses terbatas yang saya maksud adalah ketika menggunakan template default atau standard yang didalamnya hanya dapat melakukan menu editing secara simple. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa melakukan unduhan berbagai variasi template melalui mesin pencarian google secara manual.

 

  1. Dokumen Yang Dihasilkan Tidak Stabil Pada Tiap Versi Powerpoint

Kelemahan microsoft powerpoint yang selanjutnya adalah dokumen yang dihasilkan tidak stabil pada tiap versi power point, permasalahan ini juga seringkali ditemukan pada beberapa software yang dibuat oleh microsoft seperti microsoft word dan microsoft publisher.

 

Faktor ini belum diketahui penyebabnya, seringkali beberapa dokumen yang dihasilkan oleh software ms office versi sebelumnya tidak dapat digunakan terhadap versi baru, Contoh mudahnya ialah anda membuat dokumen menggunakan versi office 2007, nah saat hendak membuka dokumen tersebut menggunakan versi yang lebih baru seperti 2010, maka file tersebut tidak dapat dibuka atau mengalami crash, hal ini juga terjadi pada versi sebaliknya.

 

Hal ini juga terjadi pada microsoft powerpoint yang seringkali membuat pusing dari sisi penulis dokumen yang terjadi update atau pembaruan secara tiba tiba saat program office tengah digunakan untuk bekerja.

 

  1. Harga lisensi microsoft office lumayan mahal

Bagi anda yang mempunyai badan usaha kecil atau berdiri sendiri terkadang harus memerlukan program sejenis microsoft powerpoint ini, tentu harga lisensi original dari program microsoft ini mempunyai harga yang relatif mahal dan tidak sepadan dengan pemasukan.

 

Hal ini juga disebabkan karena pihak microsoft meluncurkan berbagai softwarenya dengan target konsumen yang berasal dari golongan pengusaha atau perusahaan besar, akan tetapi juga dilengkapi dengan dukungan dan berbagai pembaruan yang terus dilakukan oleh perusahaan microsoft. Tentu hal ini dapat menjadikan program microsoft tetap diminati dan digunakan oleh para pengguna komputer di berbagai belahan dunia.

 

PowerPoint merupakan pengolah presentasi yang paling banyak digunakan bagi orang Indonesia. Semua itu karena kemudahan fitur dan fasilitas programnya dalam mengolah materi dalam berbagai bidang. Fitur yang dimiliki oleh PowerPoint yaitu:

 

  1. Slide

Hướng dẫn tùy chỉnh tỉ lệ và kích thước slide PowerPoint

Fitur slide size dapat membantu kita dalam memilih size (ukuran) yang sesuai dengan tujuan kita. Misalnya kita ingin membuat materi pembelajaran untuk presentasi, maka slide size sudah di setting secara otomatis yaitu 16,9. Sedangkan jika tujuan kita dalam membuat slide di PowerPoint untuk postingan media sosial, maka pilihlah rasio 1:1 atau custom slide size 38,1 x 38,1 cm.

 

  1. Layout

Fitur Menarik dalam PowerPoint - Kreasi Presentasi

Setelah memilih slide size, maka kita akan dipertemukan dengan fitur lain yang dapat membantu kita dalam membuat materi pembelajaran yaitu fitur layout. Dalam powerpoint, kita bisa memilih desain layout yang sesuai dengan materi yang akan dipresentasikan. Selain itu, kita juga bisa membuat desain layout sendiri yaitu dengan memilih layout blank. Pada kesempatan ini, kita bisa berkreasi sendiri dengan desain layout yang akan dipakai.

 

  1. Slide Master

Belajar Powerpoint 2013: PowerPoint 2013; Cara Modifikasi Slide Master View

Fitur slide master dapat kita gunakan untuk mengatur warna dan font yang digunakan dalam materi yang akan disampaikan bisa sama dari slide pertama hingga slide terakhir.

 

  1. Template Warna

Mengubah warna tema dan latar belakang slide Anda

Fitur template warna dapat membuat materi pembelajaran yang akan dibuat menjadi lebih harmoni dan menarik. Apabila kita ingin memilih template warna yang sesuai dengan keinginan kita, pilihlah menu design (klik tanda panah kecil di menu variants) kemudian pilih color. Kita juga bisa membuat warna custom jika kita ingin memilih sendiri.

 

  1. Distribute Row/Column

Cara Merapikan Tabel di Powerpoint

Selain itu terdapat fitur distribute row/ column yang digunakan untuk merapikan tabel yang ada. Pada kesempatan ini, jika materi pembelajaran yang akan kita sampaikan masih belum rapi maka kita bisa menggunakan fitur ini.

 

  1. SmartArt

Menambahkan SmartArt pada PowerPoint - Teknologi Informasi

Fitur ini akan membantu kita dalam membuat grafis dan chart. Dengan fitur ini, pekerjaan kita akan jauh lebih efektif karena PowerPoint sudah menyediakan beragam diagram dan chart yang bisa kita pakai dalam pembelajaran. Pada kesempatan ini kita hanya harus memilih diagram dan chart yang sesuai dengan materi yang akan diajar.

 

  1. Tema

6 Cara membuat desain powerpoint agar menarik audiens - andik.my.id

Selain itu, Powerpoint juga menyediakan fitur tema yang dapat kita pakai secara gratis. Jika kita merasa bosan dan ingin menggunakan tema yang berbeda, maka kita bisa menggunakan tema yang premium ataupun menggunakan tema gratis dari web yang menyediakan tema PowerPoint.

 

  1. Insert

Cara Memasukkan Gambar ke Dalam Power Point - DosenIT.com

Ada beberapa kesempatan dimana dalam presentasi materi kita akan membutuhkan foto foto atau video pembelajaran. Kita tidak perlu khawatir, karena Powerpoint sudah menyediakan fitur insert, dimana foto atau video pembelajaran yang akan dipakai bisa dimasukkan ke dalam materi presentasi tersebut dengan mengarahkan kursor ke menu ‘insert’.

 

  1. Morph

Menggunakan transisi Morf di PowerPoint

Fitur ini dapat membantu kita dalam mengubah teks, gambar bahkan bentuk 3D menjadi suatu animasi. Namun fitur ini dapat ditemukan di seri Microsoft PowerPoint 2016 ke atas. Dengan fitur ini, materi pembelajaran yang akan disampaikan bisa menjadi lebih hidup dan menarik.

 

  1. Aksesibilitas

Meningkatkan aksesibilitas dengan Pemeriksa Aksesibilitas

Dengan menggunakan fitur ini, kita bisa dibantu dalam menemukan kesalahan pada presentasi, sehingga kita bisa jauh lebih mudah dalam menyunting materi tersebut. Selain menyebutkan kesalahan dalam dokumen yang kita buat, fitur ini juga menyiapkan alasan mengapa kita harus memperbaiki dokumen tersebut. Fitur ini bisa kita temukan pada seri Microsoft PowerPoint 2016 ke atas.


Posted on June 18, 2022 | Updated June 18, 2022 by Admin iOnic Computer in Software