Rekomendasi Prosesor Terbaik

 

Prosesor adalah sirkuit inti yang menjalankan seluruh operasi perangkat. Bisa dibilang, prosesor adalah otak dari perangkat. Setiap komputer memiliki prosesor, baik itu dengan efisiensi kecil maupaun kinerja besar. Tanpa prosesor, perangkat-perangkat ini tidak dapat berfungsi. Processor akan memproses segala bentuk informasi yang dimiliki oleh komputer, dan juga memproses informasi yang dimasukkan ke dalam komputer. Semua pekerjaan pemrosesan informasi tersebut akan ditangani oleh processor. Sebuah processor mampu mengintegrasikan keseluruhan komponen internal yang ada di dalam komputer.

 

Beberapa rekomendasi prosesor terbaik yaitu:

  1. Intel Core i9-12900KS

 

Intel Core i9-12900KS dengan kecepatan clock maksimal (turbo) yang kini bisa digenjot menjadi 5,5 GHz, supaya tetap optimal, peningkatan kecepatan tersebut turut dipadukan dengan teknologi Intel Thermal Velocity Boost untuk meredam panas berlebih, serta Adaptive Boost Technology yang memungkinkan kecepatan prosesor ditingkatkan ke angka maksimal ketika bermain game.

 

Prosesor ini memiliki enam belas inti (16 core) dengan 24 threads dan L3 cache sebesar 30 MB. Konsumsi daya (TDP) ditingkatkan dari 125W ke 150W supaya bisa menunjang peningkatan performa. Fitur pendukung lainnya yang ada di prosesor terbaru Intel generasi ke-12 ini mencakup dukungan PCIe Gen 4.0 dan 5.0, serta RAM berjenis DDR4 yang memiliki kapasitas 3200 megatransfer per detik (MT/s) dan DDR5 yang memiliki kapasitas 4800 MT/s.

 

  1. Intel Core i7-12700K

 

Intel Core i7-12700K adalah salah satu prosesor Intel terbaik tahun 2022, rasanya sudah lebih dari cukup untuk urusan produktivitas dan nge-game. Menawarkan 12 cores (8P+4E) dan 20 threads yang tentunya bisa melibas aktivitas apapun dengan mudahnya.

 

Biasanya, kegunaan dari prosesor Intel Core i7-12700K ini peruntukannya lebih untuk gaming ketimbang content creation atau malah workstation. Satu hal yang pasti, kemampuannya tak usah diragukan.

 

  1. Intel Core i5-12600K

 

Prosesor dengan akhiran ‘K’ yang berarti overclockable yang masih relatif murah adalah prosesor Intel Core i5-12600K. Prosesor Intel Generasi Ke-12 ini menawarkan 10 cores (6P+4E) dan 16 threads. Meski demikian, overall prosesor ini enak digunakan untuk aktivitas apapun.

 

Selain ditanamkan integrated Intel UHD 770 yang sudah termasuk cukup kuat untuk nge-game, prosesor ini bisa di-overclock demi tambahan performa. Kembali dicatat bahwa integrated yang ada setidaknya bisa memainkan beberapa games dengan resolusi 1080P meski rata kiri.

 

  1. AMD Ryzen 7 5800X3D

 

IClovers yang butuh prosesor kuat namun masih relatif terjangkau, mungkin bisa coba evaluasi AMR Ryzen 7 5800X3D. Menawarkan 8 cores dan 16 threads, namun dengan L3 Cache tiga kali lipat dari versi pertamanya. Prosesor ini merupakan barang baru yang diluncurkan baru-baru ini secara global untuk lawan Alder Lake.

 

Demi rebut tahtanya kembali, kubu merah AMD terlihat percaya diri dengan kemampuan prosesor barunya tersebut. Terlebih dengan ditanamkannya teknologi 3D Cache yang benar-benar baru, seharusnya prosesor ini bisa taklukkan lini Alder Lake dengan mudahnya.

 

  1. AMD Ryzen 5 5600G

 

Sebenarnya, AMD Ryzen 5 5600G ini bisa jadi salah satu prosesor AMD terbaik tahun ini hanya bila harganya lebih bersahabat. Meski demikian, konfigurasi 6 cores dan 12 threads yang diperkuat dengan iGPU Vega 7 bisa jadi alternatif, setidaknya untuk sementara.

 

Biasanya, prosesor ini lebih diperuntukkan buat mereka-mereka yang tidak mengunakan GPU tambahan di kemudian hari atau digunakan pada Mini PC. Nilai lebih dari 5600G ini ialah iGPU-nya sudah lebih dari cukup untuk memainkan games sekelas Genshin Impact pada resolusi 1080P.

 

  1. AMD Ryzen 5 5500

 

Prosesor Ryzen 5 5500 menawarkan 6 cores dan 12 threads, rasanya sudah lebih dari cukup untuk eksekusi tantangan sehari-hari dengan mudahnya. Kembali catat bahwa IClovers harus memiliki GPU untuk dapat mengunakan prosesor yang memang tidak ditanamkan iGPU di dalamnya. Di sisi lain, teknologi serba baru telah ditanamkan kubu merah AMD untuk menyaingi kubu biru Intel.

 

  1. Intel Core i3-12100F

 

Rekomendasi prosesor yang lebih baru yaitu Intel Core i3-12100F. Konfigurasi 4 cores dan 8 threads tampak masih setia temani eksistensi prosesor entry-level dengan codename Alder Lake ini. Tentu, prosesor ini bisa digunakan untuk memainkan games, namun harus ditenagai oleh GPU.

 

Meski dibutuhkan GPU untuk tampilkan visual, namun semua terbayarkan dengan dukungan PCI Express 4.0 dan 5.0 yang termasuk kekinian banget. Untuk IClovers yang memiliki alokasi dana ekstra, bolehlah kembali hitung-hitung untuk meminang prosesor satu ini.

 

  1. Intel Core i3-10105F

 

Prosesor Intel Core i3-10105F berhasil amankan posisinya sebagai salah satu prosesor Intel terbaik. Menawarkan 4 cores dan 8 threads yang merupakan standar zaman now, menyasar IClovers yang telah miliki sebuah GPU.

 

Prosesor dengan akhiran ‘F’ tidak memiliki integrated, dan membutuhkan sebuah GPU untuk dapat tampilkan visual. Prosesor yang juga sasar entry-level ini tampaknya tidak boleh diremehkan karena harga yang ditawarkan memanglah cukup menarik. Dukungan PCI Express 3.0 hanya salah satu yang jadi limitasi dari prosesor murah ini.

 

  1. AMD Ryzen 3 4100

 

Rekomendasi prosesor AMD terbaik boleh bersenang hati, karena Ryzen 3 4100 merupakan keluaran terbaru. Hadirkan prosesor dengan konfigurasi 4 cores dan 8 threads yang merupakan standar zaman now pake banget.

 

Namun, harus digarisbawahi bahwa dibutuhkan GPU untuk dapat tampilkan visual. IClovers yang butuhkan prosesor kubu merah baru namun bisa diajak sedikit ‘serius’, mungkin bisa evaluasi prosesor satu ini.

 

  1. Intel Pentium Gold G7400

 

Intel G7400 merupakan salah satu prosesor Intel terbaik, khususnya di entry-level. Meski hanya dibekali 2 cores dan 4 threads, namun implementasi socket baru tampaknya berhasil dongkrak prosesor yang biasanya sasar pasar entry-level ini.

 

Untuk sempurnakan eksistensi dari prosesor ini, tidak lupa kubu biru melengkapinya dengan integrated Intel UHD 710. Selain itu, dukungan PCI Express 4.0 bahkan 5.0 sudah disematkan ke dalam prosesor entry-level satu ini.

 

  1. AMD Athlon 3000G

 

Prosesor AMD Athlon 3000G ini sudah ideal buatmu yang miliki dana pas-pasan namun ingin komputer gaming. Dibekali 2 cores dan 4 threads, yang disempurnakan dengan iGPU Vega 3, rasanya sudah lebih dari cukup untuk mainkan games. Yah, walau dengan resolusi kecil dan pengaturan yang disesuaikan.

 

Kelebihan dari salah satu prosesor AMD terbaik tahun ini terletak di taksirannya yang kini sudah mulai kembali normal. Bila IClovers memang memiliki dana pas-pasan dan tidak ingin mengeluarkan dana ekstra untuk GPU yang masih mahal, bisa kembali evaluasi Athlon 3000G.


Posted on July 12, 2022 | Updated July 12, 2022 by Admin iOnic Computer in Hardware