Komponen dalam Merakit PC Gaming Berkualitas

Rekomendasi Komponen Rakit PC Gaming High-End Diatas 20 Jutaan Tahun 2020 —  Legion Noob ID

 

Siapa sih yang tak mau memiliki sendiri perangkat komputer game sendiri yang lengkap, keren, dan punya performa super? Semua IClovers pasti mau baget kan. Bahkan, saking pinginnya, keinginan itu sampai terbawa dalam mimpi. Jangan hanya diimpikan ayo wujudkan Kalian bisa kok “membangun” sebuah perangkat komputer gaming secara perlahan-lahan, seiring dengan bertambahnya daya beli kalian. Ada beberapa komponen yang perlu disiapkan yaitu:

 

  1. Central Processing Unit (CPU) Terbaik

10 Rekomendasi Prosesor Gaming PC Murah Terbaik •Teknodaim.com

Processor merupakan komponen yang bisa disebut sebagai otak dari sebuah gaming pc, bagian inilah yang memproses semua perintah yang IClovers inginkan. Komponen ini sudah banyak tersedia dengan berbagai macam model, performa serta harga yang bervariasi. Untuk IClovers yang memiliki budget terbatas, kamu bisa menggunakan processor mid class seperti Intel i5 ataupun i7 generasi terbaru. Jika kamu mementingkan performa, Intel i9 dan AMD Ryzen Threaddripper bisa menjadi pilihan tepat untuk performa yang maksimal.

 

  1. Motherboard

Motherboard ASUS ROG Zenith II Extreme & Strix TRX40-E Gaming Kini Sudah  Tersedia Di Indonesia - Murdockcruz

Motherboard merupakan salah satu perangkat pada komputer yang berfungsi untuk menghubungkan semua komponen yang ada pada komputer. Perangkat ini memiliki beberapa pilihan yang bisa IClovers sesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang IClovers miliki. IClovers bisa memilih motherboard dengan sistem yang sederhana hingga yang memiliki fitur-fitur canggih.

 

Dalam memilih motherboard harus menyesuaikan dengan CPU yang IClovers miliki, karena tidak semua CPU cocok dengan setiap jenis motherboard. Motherboard gaming biasanya menawarkan desain yang lebih menarik dan “keren” jika dibandingkan dengan motherboard biasa. Biasanya perbedaan desain yang paling terasa ada pada heat-sink, coating papan PCB dan lighting.

 

Motherboard gaming yang ada di pasaran saat ini dipastikan memiliki desain heat-sink yang lebih besar dibanding motherboard biasa, dengan heat-sink yang besar, maka komponen yang ada di motherboard akan jauh lebih baik suhunya. Selain itu, motherboard gaming biasanya hadir dengan fitur overclock sehingga voltage regulator module nya akan bekerja jauh lebih tinggi dibanding motherboard biasa, maka heat sink besar adalah sesuatu yang wajib.

 

Lalu pada motherboard gaming, biasanya cat atau coating yang ada pada papan pcb motherboard akan terlihat jauh lebih rapih dibanding motherboard biasa. Lapisan ini bukan sekedar estetika saja, namun beberapa motherboard juga menggunakan coating khusus agar motherboard gaming bisa menggunakan water cooling tanpa takut motherboard rusak karena terkena cipratan air. Perbedaan desain lain yang paling terasa adalah lighting, ya motherboard gaming pasti memiliki RGB LED tertanam di papan pcbnya. Fungsinya hanya untuk estetika saja.

 

Pada motherboard gaming, komponen elektronik seperti kapasitor, voltage regulator module, mosfet dan komponen lainnya biasanya menggunakan komponen dengan kualitas diatas rata-rata. Dengan menggunakan komponen yang jauh lebih berkualitas dibandingkan dengan apa yang digunakan pada motherboard biasa, maka diharapkan suplai listrik ke semua peripheral yang tertancap pada motherboard bisa maksimal.

 

  1. Graphic Card / VGA Untuk Gaming PC

ASUS conferma GeForce RTX 3080 Ti 20GB e 3060 12GB - HDblog.it

Video Graphic Adapter (VGA) adalah perangkat keras komputer yang berfungsi menerjemahkan tampilan ke layar monitor. VGA juga sering disebut sebagai kartu grafis. Graphic card atau kartu grafis merupakan salah satu komponen yang paling penting untuk kebutuhan gaming masa kini. Kartu grafis ini berfungsi untuk mengolah data grafis dan menghasilkan gambar visual yang maksimal, sehingga pengalaman gaming kamu lebih menyenangkan.

 

Saat ini ada dua produsen grafis ternama yang mengeluarkan kartu grafis berkualitas, yaitu AMD dan Nvidia. Jika memiliki budget terbatas dan referensi game tidak terlalu berat, bisa menggunakan kartu grafis seri GTX 1050Ti dari Nvidia. Jika ingin performa gaming yang maksimal bisa menggunakan kartu grafis seperti RTX 2080Ti atau AMD Radeon RX 5700 XT, yang merupakan kartu grafis terbaik saat ini.

 

  1. Kapasitas RAM yang Besar

10 Rekomendasi Merek RAM Terbaik Untuk PC & Laptop •Teknodaim.com

RAM merupakan singkatan Random Access Memory yang memiliki fungsi sebagai memory jangka pendek dari komputer. Komponen ini menyimpan data yang IClovers akses secara regular sehingga mempercepat ketika mengakses perangkat penyimpanan. Jika ingin memainkan game kekinian seperti Read dead redemption, ataupun assassin creed sebaiknya menggunakan RAM dengan kapasitas 16GB atau 32GB.

 

  1. Penyimpanan

HDD vs SSD Storage

Ada dua pilihan untuk membuat PC rakitan yaitu SSD (Solid State Drive) dan HDD (Harddisk). Perbedaan SSD dan HDD yang paling mencolok adalah dari aspek cara kerja dalam memproses data. Sebab, teknologi yang digunakan HDD vs SSD berbeda. Jika HDD menggunakan piringan cakram, SSD menggunakan chip atau flash memory. Oleh karena itu HDD memproses data dengan sistem mekanik.

 

Menggunakan metode chip memory, pemrosesan data dalam SSD tidak memerlukan part untuk bergerak. Artinya, data diproses tanpa ada jeda. Hal itu membuat SSD memiliki performa baca dan tulis data yang 25-100 kali lipat lebih cepat dibanding HDD.  Nah, kecepatan dalam proses baca dan tulis data ini memudahkan dalam sejumlah hal. Mulai dari membuka program dengan cepat, tak perlu lama menunggu proses booting, sampai membantu membuka banyak program secara bersamaan tanpa ada lagging.

 

  1. Power Supply untuk Menunjang Tenaga Gaming PC

be quiet! Pure Power 11 (600 Watt) PSU review - Product Showcase

Power supply merupakan komponen yang berfungsi untuk menyalurkan daya ke seluruh komponen agar bisa bekerja dengan baik. Karena dengan menggunakan spesifikasi terbaik, IClovers juga membutuhkan daya yang cukup dan stabil untuk memenuhi semua kebutuhan. Dengan powersupply yang berkualitas dapat menghantarkan daya yang optimal sesuai dengan yang dibutuhkan oleh gaming pc tersebut.

 

  1. CPU Cooler

5 Rekomendasi CPU Cooler Terbaik Harga Mulai Rp 400 Ribuan -  Tribunshopping.com

CPU Cooler merupakan salah satu komponen pada komputer yang dapat dikatakan sebagai alat yang cukup vital, mengingat CPU cooler adalah alat yang berfungsi untuk membuang panas agar suhu pada prosesor tetap terjaga dan tidak berpengaruh pada penurunan performa yang diakibatkan oleh suhu yang meningkat.

 

  1. Monitor

6 Monitor Gaming Lengkung Terbaik, Main Game Semakin Puas! | Pricebook

Monitor berfungsi untuk menampilkan output berupa grafis dari data yang sudah di proses oleh komputer. Layar pada monitor memiliki berbagai macam ukuran dan resolusi untuk menampilkan grafis. tergantung pada ukuran lebar pada monitor tersebut. Ada 4 jenis tipe monitor yang biasa digunakan, yaitu LCD, LED, Plasma, dan CRT atau sering disebut dengan monitor tabung.

 

  1. Sistem Operasi (OS)

Pilih Mana Windows, MAC, Linux? Gausah Bingung, Yuk Cek Perbedaannya! -  Caraguna

Sistem operasi, atau OS, adalah berbagai perangkat lunak sistem yang menjalankan program, menjalankan perangkat keras, dan bertindak sebagai kerangka kerja untuk komputer mana pun yang Anda gunakan. Misalnya, semua Mac menggunakan macOS, OS yang dipatenkan Apple. Demikian pula, Microsoft menggunakan berbagai versi Windows, dengan yang terbaru adalah Windows 10.

 

  1. Casing

470a-w3 Casing Gaming Atx,Kaca Tempered Mendukung Rgb Pelangi Casing  Komputer Kipas Pendingin Desktop Gaming Komputer Pc - Buy Desktop  Komputer,Game Pc Case,Pc Case Product on Alibaba.com

Casing merupakan rumah tempat terletaknya komponen – komponen komputer, seperti mainboard, harddsik, dan lainnya. Casing juga berguna untuk menjembatani antara arus yang diberikan power supply ke mainboard, karena pada casing terdapat stop kontak yang berfungsi untuk menghidupkan komputer. Selain itu, casing juga berfungsi untuk melindungi komponen – komponen didalamnya dari debu, panas, air atau kotoran lainnya yang dapat merusak komputer.

 

  1. Keyboard dan Mouse

Keyboard Dan Mouse Gaming Mekanis Backlit Led Ergonomis Kualitas Baik - Buy Gaming  Keyboard,Gaming Mouse,Gaming Combo Product on Alibaba.com

Keyboard adalah alat input yang berupa tombol – tombol yang memiliki fungsi berbeda – beda pada setiap tombolnya. Atau bisa dibilang keyboard merupakan alat pengetikan yang menghasilkan proses sesuai dengan apa yang kita ketikkan pada komputer. Sedangkan mouse berfungsi untuk mengatur pergerakan pointer atau kursor secara cepat. meskipun pada saat ini kegunaan dari mouse sudah mulai digantikan dengan touchpad, namun untuk pengguna komputer desktop tetap memilih mouse sebagai penggerak kursornya.


Posted on June 22, 2022 | Updated June 22, 2022 by Admin iOnic Computer in Laptop & Computer