Mengenal Sistem Komputer

Mengenal Hardware , Software Dan Brainware - Nganda Blog

 

Sistem Komputer adalah ​​ kumpulan perangkat-perangkat komputer yang saling berhubungan dan berinteraksi satu sama lain untuk melakukan proses pengolahan data, sehingga dapat​​ menghasilkan informasi yang diharapkan oleh penggunanya. Namun, tahukah IClovers bahwa sejatinya ada tiga komponen sistem komputer yang utama, yaitu hardware, software, dan brainware. Masing-masing dari tiga komponen sistem komputer tersebut memiliki peran berbeda-beda, namun mampu menciptakan kesatuan sistem computer.

 

Sistem komputer diartikan sebagai sebuah jaringan elektronik yang saling bekerjasama, terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras untuk melakukan tugas tertentu. Tugas itu bisa berupa menerima input, menyimpan perintah-perintah, memproses input, dan menyediakan output yang melibatkan komputer di dalamnya. Berikut ini komponen-komponen yang terdapat pada sebuah sistem computer yaitu:

 

  1. Hardware (Perangkat Keras)

Hardware merupakan perangkat keras yang memiliki bentuk fisik. Hardware dapat dioperasikan secara langsung dan berfungsi sebagai penghubung antara pengguna dengan sistem komputer. Beberapa contoh dari komponen hardware antara lain adalah mouse, keyboard, monitor, RAM, web cam, scanner, CPU, hardisk, motherboard, harddisk, power supply dan masih banyak lagi.

 

Hardware masih terbagi menjadi empat bagian, yakni input device, output device, processing device, dan storage device. Keempat komponen ini memiliki peran dan fungsinya masing-masing:

    • Input device

Input device atau perangkat masukkan adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memasukkan perintah dan data ke dalam sebuah sistem komputer. Dapat dikatakan bahwa input device merupakan sebuah gerbang masuk bagi data yang nantinya akan diolah sistem komputer.

 

Data yang sudah dimasukkan kemudian akan dikonversi menjadi kode binary sehingga dapat dibaca oleh memori utama komputer. Adapun contoh dari input device berupa keyboard, mouse, webcam, serta scanner.

 

    • Processing device

Data yang telah dimasukkan melalui input device kemudian akan diolah pada bagian processing device. Sebab, processing device sendiri adalah sebuah perangkat yang berperan untuk mengolah data. Proses ini secara spesifik dilakukan oleh Central Processing Unit (CPU) atau yang juga dikenal sebagai otak dari sistem komputer.

 

CPU bertugas untuk menerima dan menjalankan data dan perintah ke bagian perangkat lunak (software). Beberapa komponen dari CPU meliputi prosesor, RAM, kartu VGA, harddisk, motherboard, dan cooling fan.

 

    • Output device

Setelah melalui processing device, data yang sudah diolah kemudian akan dikeluarkan dan ditampilkan kepada pengguna. Data tersebut dapat berupa gambar, video, serta audio (suara). Proses ini akan berlangsung di bagian output device dan akan dikeluarkan melalui monitor, printer, headphone, speaker, webcam dan mikrofon.

 

    • Storage device

Saat sedang mengolah data di komputer, tak jarang pengguna akan menyimpan data tersebut untuk bisa dibuka dan diproses kembali di kemudian hari. Nah, proses penyimpanan tersebut berlangsung pada storage device atau perangkat penyimpanan. Storage device sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu internal storage dan eksternal storage.

 

Internal storage merupakan bagian penyimpanan yang melekat pada CPU dan terdiri dari hard disk dan RAM. Sementara eksternal storage sendiri mengacu pada jenis penyimpanan yang dapat dilepas dan tidak terikat dengan sistem hardware komputer.

 

Penyimpanan jenis ini terbilang praktis karena dapat dibawa kemana saja dan digunakan pada beragam perangkat komputer. Beberapa contoh dari eksternal storage adalah hard disk eksternal, CD, DVD dan flashdisk.

 

  1. Software (Perangkat Lunak)

Perangkat lunak (software) adalah suatu kumpulan data elektronik yang tersimpan dan diatur oleh komputer, bisa berupa program ataupun koneksi untuk menjalankan berbagai macam instruksi perintah. Jadi software tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, dan dapat dikatakan juga bahwa software digunakan untuk mengontrol perangkat keras. Software dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu:

 

    • Operating System (Sistem Operasi)

Sistem Operasi komputer merupakan program dasar pada komputer yang umumnya berfungsi untuk menghubungkan pengguna dengan hardware. Dapat dikatakan juga sistem operasi yaitu perangkat lunak yang bertugas untuk melakukan kontrol dan memanajemen perangkat keras dan operasi-operasi yang dilakukan pada sistem, termasuk juga menjalankan aplikasi-aplikasi yang dapat melakukan pengolahan data. Contoh sistem operasi komputer misalnya seperti Microsoft Windows, Linux, Mac OS.

 

    • Program Aplikasi (Aplication Program)

Program aplikasi merupakan perangkat lunak yang siap untuk dipakai. Program aplikasi digunakan untuk membantu pekerjaan pengguna komputer dalam mengolah berbagai macam data. Pada sebuah komputer perangkat lunak ini sering disiapkan sesuai dengan selera dan kebutuhan penggunanya. Misalnya seperti Microsoft Excel, Microsoft Word, Microsoft Access, Photo Shop, Chrome, Mozilla.

 

    • Utility Program (Program Tambahan)

Merupakan perangkat lunak yang fungsinya untuk menjalankan tugas-tugas tambahan, disebut juga sebagai program dukungan dan memiliki fungsi tertentu. Misalnya seperti program yang disediakan oleh sistem operasi seperti Data recovery, Disk Defragmenter, Sceensever, Backup.

 

    • Programing Language (Bahasa Pemrograman)

Merupakan bahasa yang dapat digunakan pengguna komputer untuk berkomunikasi dengan komputer, dapat dikatakan juga sebagai standar bahasa instruksi untuk berkomunikasi dan memberikan perintah pada komputer. Beberapa contoh bahasa pemerograman diantaranya seperti PHP, Java, Python, C, Perl.

 

  1. Brainware (Pengguna Komputer)

Brainware merupakan pemakai atau pengguna komputer, dengan kata lain adalah orang yang mengoperasikan perangkat keras komputer melalui software yang ada di komputer tersebut. Secanggih apapun komputer, jika tidak ada pengguna yang mengoperasikan (brainware), maka keberadaan komputer tersebut sama saja sia-sia. Karena komputer tersebut tidak akan bisa bekerja sendiri tanpa dioperasikan oleh pemakainya.

 

Pengguna komputer umumnya dibagi kedalam 4 (empat) macam, yang diantaranya:

    • Programer

Programer, merupakan orang yang menguasai bahasa pemrograman, sehingga bisa mempersiapkan suatu program untuk digunakan sesuai fungsi dan tujuannya.

 

    • Sistem Analis

Sistem Analis merupakan orang yang memiliki tanggung jawab terhadap penelitian, perencanaan, penkoordinasian dan merekomendasikan pilihan software, hardware dan sistem yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya (perorangan, organisasi dan perusahaan). Seorang sistem analis-pun sangat berperan penting dalam proses pengembangan suatu sistem.

 

Seorang sistem analis perlu memiliki 4 (empat) keahlian seperti analisis, teknis, manajerial dan cara berkomunikasi dengan orang lain atau interpersonal. Seorang sistem analis juga harus mampu untuk memahami dan bekerja dengan berbagai jenis bahasa pemerograman, sistem operasi, maupun perangkat keras yang digunakan oleh pengguna akhir.

 

    • Admin

Admin, merupakan orang yang mengelola dan bertanggung jawab pada sistem operasi komputer.

 

    • Operator

Operator adalah orang yang bertugas memanfaatkan fungsi dari sistem komputer itu sendiri, ia juga merupakan orang yang mengolah data menggunakan sistem komputer dan perangkat lunaknya. Pengertian sistem komputer dan komponennya tidak akan berjalan jika tidak dioperasikan oleh operator.


Posted on June 29, 2022 | Updated June 29, 2022 by Admin iOnic Computer in Laptop & Computer