Kelebihan dan Kekurangan AutoCAD

Autocad 2016, HD Png Download - kindpng

 

AutoCAD adalah perangkat lunak komputer CAD untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi yang dikembangkan oleh Autodesk. Keluarga produk AutoCAD, secara keseluruhan, adalah software CAD yang paling banyak digunakan di dunia. Program ini berjenis CAD (Computer-aided Design) yang dapat membantu pembuatan, modifikasi, analisis, atau pengoptimalan desain. Dengan software AutoCAD desainer akan lebih produktif, meningkatkan kualitas desain, memudahkan komunikasi melalui dokumentasi, dan untuk membuat database manufaktur dalam bentuk 2 dimensi (2D) maupun 3 dimensi (3D).

 

AutoCAD dapat mendesain rancangan kurva dan angka dalam ruang dua dimensi (2D), sebuah kurva permukaan, dan desain solid dalam ruang tiga dimensi (3D). Kebanyakan pengguna yang memanfaatkan program ini adalah perusahaan manufaktur, desain interior, insinyur mesin, otomotif, industri perkapalan, kedirgantaraan, arsitektur, prostetik dan masih banyak lagi.

 

Dalam sistem elektronik desain CAD dikenal sebagai EDA (Electronic Design Automation). Dalam desain mekanis dikenal sebagai MDA (Mechanical Design Automation) atau CAD (Computer-aided Drafting) yang meliputi proses pembuatan gambar teknis dengan perangkat lunak komputer. Software ini juga memiliki interface yang ringan dengan pengoperasian yang mudah, menjadikan AutoCAD sebagai software CAD paling populer di kalangan designer seluruh dunia.

 

AutoCAD digunakan oleh para insinyur sipil, land developers, arsitek, insinyur mesin, desainer interior dan lain-lain. Format data asli AutoCAD terbagi menjadi dua yaitu DWG dan yang lebih tidak populer format data yang bisa dipertukarkan (interchange file format) DXF, secara de facto menjadi standar data CAD. Sekarang ini AutoCAD sudah mendukung format DWF, yaitu sebuah format yang diterbitkan dan dipromosikan oleh Autodesk untuk mempublikasikan data CAD.

 

AutoCAD saat ini hanya berjalan disistem operasi Microsoft. AutoCAD secara khusus dibuat untuk Windows dan biasanya versi AutoCAD terbaru mendukung versi Windows terbaru dan mungkin beberapa versi windows pendahulu, seperti windows xp, windows 7, windows 8, dan yang terbaru windows 10. Walaupun begitu ada beberapa alternatif CAD yang digunakan di OS Linux seperti Draftsight, Briscad, Caduntu, dan BRL-CAD. Versi untuk Unix dan Macintosh sempat dikeluarkan tahun 1980an dan 1990-an, tetapi kemudian tidak dilanjutkan.

 

Ada versi kompatibel untuk komputer Macintosh yang dirilis, namun pada tahun 2010 Autodesk mengumumkan bahwa mereka akan sekali lagi mendukung Apple Mac OS X dengan merilis AutoCAD 2012. AutoCAD masih bisa berjalan di emulator seperti Virtual PC atau Wine. AutoCAD dan AutoCAD LT tersedia dalam bahasa Inggris, Jerman, Perancis, Italia, Spanyol, Jepang, Korea, Tionghoa Sederhana, Tionghoa Tradisional, Rusia, Ceko, Polandia, Hongaria, Brasil, Portugis, Denmark, Belanda, Swedia, Finlandia, Norwegia dan Vietnam. Ada beberapa pembagian AutoCAD menurut fungsinya, yaitu:

 

  1. AutoCAD LT

AutoCAD 2023 価格と購入 | Autodesk 公式

AutoCAD LT adalah versi ringan dari AutoCAD. Berharga lebih murah (sekitar USD $900 USD versus sekitar USD $4,000 untuk AutoCAD versi lengkap). AutoCAD LT diciptakan oleh Autodesk untuk para pengguna yang hanya berminat untuk menggambar 2 dimensi saja, tetapi AutoCAD LT masih mempunyai kemampuan untuk melihat gambar 3 dimensi tanpa mampu mengubahnya.

 

  1. AutoCAD Versi Pelajar

Autodesk – Versão Educacional – Criação e uso de conta – Documentação TI

AutoCAD memberikan potongan harga yang besar bagi penggunaan AutoCAD untuk pendidikan (pelajar dan pengajar), baik lisensi 14 bulan maupun lisensi perpetual tersedia. AutoCAD versi pelajar ini mempunyai fungsi yang sama dengan AutoCAD versi komersial lengkap, perbedaannya hanyalah, pada versi pelajar setiap data DWG yang dihasilkan atau di rubah terdapat data bendera internal (bendera pendidikan).

 

Kalau gambar ini dicetak, maka pada gambar tersebut akan terdapat cetakan atau banner di keempat sisi gambar yang menjelaskan bahwa gamabar ini diproduksi dari AutoCAD versi pelajar. Gambar yang dihasilkan dari AutoCAD versi pelajar dilarang digunakan untuk keperluan komersial.

 

  1. Vertical Programs

BIM-Objekte für Revit und AutoCAD Architecture im Autodesk App Store

Autodesk juga mengembangkan beberapa program vertikal dari AutoCAD untuk beberapa disiplin khusus. Contohnya AutoCAD Architecture (sebelumnya disebut Architectural Desktop), memungkinkan arsitek untuk menggambar obyek 3 dimensi dari tembok, pintu, jendela, dengan data yang lebih cerdas yang berhubungan langsung dengan obyek tersebut, daripada obyek sederhana seperti gambar garis dan lingkaran saja.

 

Data bisa diprogram untuk menampilkan produk arsitektural secara spesifik yang dijual dipasaran lengkap dengan harga dan merek obyek tersebut. Contoh lain adalah AutoCAD Mechanical untuk insinyur teknik mesin, AutoCAD Electrical untuk insinyur teknik elektro, AutoCAD Civil 3D (untuk insinyur teknik sipil), dan AutoCAD Map 3D (peta).

 

Beberapa kelebihan menggunakan AutoCAD dibanding menggambar manual adalah:

 

  1. Kualitas gambar konstan, tidak terlalu tergantung pada skill penggambar sebagaimana gambar manual.
  2. Relatif lebih akurat dan cepat pengerjaannya karena menggunakan komputer.
  3. Dapat diedit, ditambah-kurang tanpa harus memulai dari awal.
  4. Dapat menjadi data base yang menyimpan berbagai informasi penting yang dibuat oleh drafter dan dapat diakses langsung oleh pengguna lain.
  5. Dapat dibuat library untuk komponen-komponen standar atau komponen yang digambar/ dipergunakan berulang-ulang dalam gambar (misalnya: baut, mur, simbol-simbol, dll.) sehingga mempermudah dan mempercepat dalam proses pembuatan gambar.
  6. Lebih mudah dan praktis dalam dokumentasi, duplikasi, dan penyimpanannya.
  7. Dapat dibuat dengan berbagai warna sehingga lebih menarik dan mudah dipahami.

 

Beberapa kekurangan AutoCAD adalah sebagai berikut:

 

  1. Aplikasi ini menjadi lebih kompleks.
  2. Kebutuhan hardware yang lebih tinggi.
  3. Infrastruktur pendukungnya harus memadai, seperti penggunaan printer/plotter untuk mencetak gambar dalam ukuran yang besar.
  4. Software prabayar.
  5. Struktur file hasil penggambaran, definisi database dan file database dari software tersebut rumit.
  6. Alur dari proses pekerjaan desain rumit karena software tersebut terbagi atas beberapa software lagi menurut bagian konstruksi mana yang akan dibuat.
  7. Software tersebut kurang familiar diantara para drafter dan desainer kapal, hanya orang yang pernah diberi pelatihan saja yang bisa, sementara pelatihan software tersebut sangat mahal.

 

Dalam software AutoCAD terdapat beragam Toolset yang akan mempermudah pekerjaan IClovers menyelesaikan proyek atau pekerjaan. Berikut daftar paket tool yang bisa IClovers coba dan pelajari:

 

  1. Architecture Toolset (Alat Arsitektur)

Alat yang berfungsi untuk menggambar arsitektur, dokumentasi, jadwal, dan otomatisasi penyusunan. Dengan alat ini IClovers dapat membuat sketch atau denah bangunan menggunakan alat khusus. Selain itu, fitur ini juga menyediakan obyek arsitek yang lengkap seperti jendela, pintu, dinding, dan lainnya.

 

  1. Map 3D Toolset (Petakan Toolset 3D)

Fitur ini dapat menggabungkan topologi GIS dengan AutoCAD sehingga Anda dapat menggunakan dan memelihara data CAD dan GIS untuk menyusun perencanaan, desain, dan manajemen data.

 

  1. MEP Toolset (Toolset MEP)

Fitur yang dapat membantu Anda dalam menyusun, mendesain, dan mendokumentasikan sistem bangunan MEP di lingkungan AutoCAD. Dengan mengandalkan MEP toolset sebuah proyek dokumentasi konstruksi akan di desain akurat.

 

  1. Raster Design Toolset (Alat Desain Raster)

Menambahkan raster ke bentuk vektor dengan tool (Adds raster-to-vector), ini akan membantu untuk meng konversi gambar raster ke dalam objek DWG. IClovers juga dapat mengedit gambar yang di pindai (scanned) secara mudah di lingkungan AutoCAD.

 

  1. AutoCAD Mobile App (Aplikasi Seluler AutoCAD)

Ini merupakan bagian dari software AutoCAD untuk perangkat seluler. Dengan fitur ini IClovers dapat melihat, membuat, mengedit dan membagikan gambar AutoCAD ke perangkat seluler. Dengan mengintegrasikan ke mobile App dapat melakukan penyimpanan file ke web dan seluler, membuat konektivitas dengan cloud, dan juga bekerja secara offline.

 

  1. AutoCAD Web App (Aplikasi Web AutoCAD)

Selain Mobile App, AutoCAD juga membuat integrasi dengan web. AutoCAD Web App memudahkan untuk mengakses file dari komputer mana pun secara online, IClovers juga dapat menampilkan, membuat, dan mengedit gambar AutoCAD.

 

  1. Electrical Toolset (Alat Listrik)

Merupakan fitur desain listrik yang dapat membantu dalam membuat, memodifikasi, dan mendokumentasikan sistem kontrol listrik. Beberapa hal yang dapat dilakukan seperti, membuat layout panel, diagram skematik, dan gambar listrik lainnya.

 

  1. Mechanical Toolset (Alat Mekanis)

Fitur yang berisi alat pustaka suku cadang dan berbasis standar guna membantu Anda dalam membuat, memodifikasi, dan mendokumentasikan desain mekanis untuk kegiatan manufaktur.

 

  1. Plant 3D Toolset (Alat 3D Pabrik)

Sebuah fitur yang dapat membantu dalam untuk menghasilkan P&ID, kemudian tool akan mengintegrasikannya ke dalam model desain pabrik 3D. IClovers dapat membuat output isometrik, ortografi, dan laporan material.


Posted on June 25, 2022 | Updated June 25, 2022 by Admin iOnic Computer in Software