Cara Membuat Diagram Ikan Atau Fishbone Diagram

 

Diagram tulang ikan atau fishbone diagram adalah salah satu metode untuk menganalisa penyebab dari sebuah masalah atau kondisi. Sering juga diagram ini disebut dengan diagram sebab-akibat atau cause effect diagram. Faktor-faktor yang menjadi penyebab utama yang mempengaruhi kualitas pada fishbone diagram terdiri dari 5M + 1E yaitu machine (mesin), man (manusia), method (metode), material (bahan produksi), measurement (pengukuran), dan environment (lingkungan).

 

Diagram ini pertama kali diperkenalkan oleh Kaoru Ishikawa (1968). Pemakaian diagram Ishikawa yang paling umum adalah untuk mencegah defek serta mengembangkan kualitas produk. Diagram Ishikawa dapat membantu mengidentifikasi faktor-faktor yang signifikan memberi efek terhadap sebuah even. Fungsi dasar diagram Fishbone (Tulang Ikan) Cause and Effect (Sebab dan Akibat) Ishikawa adalah untuk mengidentifikasi dan mengorganisasi penyebab-penyebab yang mungkin timbul dari suatu efek spesifik dan kemudian memisahkan akar penyebabnya.

 

Seperti namanya, diagram fishbone adalah diagram yang meniru rangka ikan. Masalah utama atau mendasar akan ditempatkan di bagian kepala ikan dan penyebabnya sebagai tulang kerangka. Sedangkan, tulang rusuk bercabang menunjukkan penyebab utama dan sub-cabang merupakan kemungkinan juga akar penyebab. Berikut cara membuat diagram ikan atau Fishbone diagram menggunakan Powerpoint:

  1. Buat kerangka utama tulang ikannya dengan kepala di bagian kanan. Kepala ikan menggunakan shape pentagon, tulang utama shape rectangle, dan ekor ikan juga menggunakan shape chevron. Masalah dituliskan di bagian kepala ikan.

 

  1. Kategori utama penyebab masalahnya diletakkan pada cabang besar tulang ikan. Shape yang digunakan adalah pentagon dan line.

 

  1. Penyebab masalah yang terkait dengan kategori utama dituliskan pada tulang-tulang kecil yang berhubungan dengan kategorinya masing-masing. Penghubungnya menggunakan line.


Posted on July 13, 2022 | Updated July 13, 2022 by Admin iOnic Computer in Software